Ketahuilah Ini 6 Tips Agar Rambut Bayi Sehat dan Lebat yang Jarang Diketahui, no 3 Harus Dihindari

Rambut bayi yang sehat dan lebat pasti menjadi idaman semua ibu. Sebab rambut dengan kondisi demikian akan nampak indah di kepala bayi dan menandakan asupan gizinya yang seimbang.


Namun memang tidak semua bayi memiliki rambut macam ini. Sebab rambut yang lebat juga dipengaruhi oleh faktor keturunan kedua orangtuanya.

Dilansir dari livestrong rambut bayi juga hanya tumbuh rata-rata seperempat hingga setengah inci setiap bulannya. Dengan perhitungan demikian, maka ia hanya memiliki tambahan panjang rambut sekitar lima hingga enam inci per tahun.

Meski demikian, kamu sebagai orangtua bisa melakukan beberapa cara agar rambut bayi tetap sehat, tebal, dan menghindari kerontokan. Enam cara di antaranya yaitu:

1. Perhatikan MPASI si kecil
Setelah si kecil sudah mulai masa MPASI, kamu bisa menambahkan makanan yang membuat rambut bayi lebih sehat. Cobalah beri dia makanan seperti ikan, susu, telur, buah, dan sayuran. Faktor makanan inilah yang berpengaruh pada kesehatan dan kesuburan rambut bayi kamu.

2. Potong rambut si kecil
Banyak yang bilang dengan sering memotong rambut bayi, maka rambutnya akan lebih tebal dan lebat. Namun ternyata anggapan tersebut tidak 100 persen benar lho, Mom! Faktor ketebalan rambut lebih ditentukan oleh faktor keturunan. Tapi, kegiatan memotong rambut bayi juga bermanfaat karena kepalanya akan lebih bersih dari kotoran maupun kerak yang menempel di kulit kepala.

3. Jangan sampai kusut
Apa hubungan kusut dengan kelebatan rambut? Bayi yang baru lahir biasanya banyak tidur dengan bersandar pada bagian punggung. Sehingga rambut bayi menjadi kusut pada bagian belakang kepala dan menjadi lebih berminyak pada bagian ini.
Jika dibiarkan terus-menerus, maka rambut bagian belakang bayi bisa rontok dan bagian lain tidak bisa tumbuh dengan baik. Jadi jangan lupa untuk mencuci dan menyikat rambut sikecil menggunakan sampo dan sikat khususnya.
Ilustrasi bayi/Pixabay

4. Gel lidah buaya
Saat si kecil sudah berumur lebih dari dua bulan, kamu bisa memberikan gel lidah buaya. Gel lidah buaya sangat aman dan bisa menumbuhkan rambut bayi karena mengandung zat aktif. Senyawa dalam gel lidah buaya bisa membantu merangsang kekuatan folikel rambut dan membuat rambut lebih cepat panjang.
Kamu bisa melakukan perawatan ini sebelum memandikan si kecil. Lakukan dengan hati-hati ya Mom, jangan sampai gel mengenai kulit wajah atau tubuh si kecil yang masih sangat sensitif.

5. Madu dan zaitun
Untuk membantu melebatkan rambut bayi, kamu bisa menggunakan pelembap alami, dua di antaranya adalah madu murni dan minyak zaitun. Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menumbuhkan rambut. Sementara minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat penting untuk merawat kulit bayi, termasuk kulit kepala.
Caranya mudah. Coba kamu campurkan beberapa sendok madu dan minyak zaitun hingga larut. Lalu berikan secara langsung pada rambut bayi hingga mengenai kulit kepala bayi. Lakukan sambil memijat lembut. Diamkan kurang lebih sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat tanpa menggunakan sampo.
Zwitsal/Facebook.com

6. Gunakan Zwitsal Hair Lotion
Setiap hari berikan si kecil Zwitsal Hair Lotion setelah mandi. Zwitsal Hair Lotion mengandung aloe vera, kemiri, seledri yang membantu pertumbuhan rambut bayi hingga tampak tebal dan hitam. Bahan alaminya sudah teruji menutrisi rambut bayi tetap sehat dan harum sehingga tetap segar sepanjang hari.

[cerminan.com]
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahuilah Ini 6 Tips Agar Rambut Bayi Sehat dan Lebat yang Jarang Diketahui, no 3 Harus Dihindari"

Posting Komentar